Sponsored

Translate

Selasa, 05 Februari 2013

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH ASAM JAWA UNTUK KESEHATAN

Khasiat dan Manfaat Buah Asam Jawa untuk Kesehatan bagi tubuh Manusia dan juga bisa berfungsi untuk kecantikan terutama rambut Wanita dan juga Pria. Buah asam jawa ini bisa kita jumpai di berbagai daerah terkadang dijadikan tanaman pelindung di Jalan Raya. Tidak hanya pulau Jawa tapi hampir seluruh daerah di Indonesia pasti banyak sekali di tumbuhi tanaman pohon asam. Sekiranya Anda perlu tahu bahwa buah asam jawa ini juga banyak mengandung khasiat dan manfaat tersembunyi di dalam kandungannya.

Berikut kandungan Buah Asam Jawa Lengkap :
  • Buah : Buah Asam Jawa mengandung : Asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, dan asam asetat.
  • Daun : Daun Asam Jawa mengandung bahan yang berfungsi sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit.
Berikut Khasiat dan Manfaat Buah asam jawa :
  1. Asma, 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari
  2. Batuk Kering, 3 polong buah asam jawa, setengah genggam daun saga. Kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  3. Demam, 1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan setengah liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  4. Sakit Panas, 2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya. Kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Hasil saringan diminum biasa. Ibu hamil tidak diperkanankan minum minuman ini karena bisa berkaibat fatal bagi kandungan.
  5. Reumatik, 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara pemakaian, hasil tumbukan dikompreskan ke bagian yang sakit.
  6. Sakit perut, 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk dan dicampur sampai merata. Hasil tumbukan digosokan ke perut.
  7. Alergi/Biduren (Jawa), 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, seperempat sendok kapur sirih. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Hasil rebusan 2 kali sehari, pagi dan sore
  8. Sariawan, 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Hasil rebusan diminum.
  9. Luka baru, Daun asam jawa secukupnya dikunyah atau dilumat, lalu tempelkan pada luka.
  10. Luka borok, Beberapa biji asam jawa. Biji asam jawa ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada luka, kemudian diperban.
  11. Eksim dan Bisul, 1 genggam daun asam jawa yang masih muda, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.
  12. Bengkak karena disengat lipan atau lebah, 3 – 5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji asam jawa ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.
Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11020913

KUE GORENG