Sponsored

Translate

Minggu, 30 Desember 2012

KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN SERAI (CYMBOPOGON NARDUS)


KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN SERAI (CYMBOPOGON NARDUS) sebagai Obat Tradisional KESEHATAN. Tanaman SERAI (Cymbopogon nardus) termasuk jenis familia Poaceae. Serai menyukai lahan yang berada di dekat air dengan tanah yang gembur. Tak heran bila serai dapat ditemukan tumbuh liar di tepi sungai, rawa, atau saluran irigasi sawah.

Sedangkan untuk pengembangbiakan tanaman serai ini cukup mudah. Pisahkan serai bagian rumputnya dengan mengikutkan akarnya lalu kemudian dapat ditanam langsung.

Nama lain tanaman serai adalah sereh, sere (Jawa), sarai, sorai, sange-sange (Sumatera), belangkak, senggalau, salai (Kalimantan), see, nau sina, bu muke (Nusa Tenggara), tonti, sare (Sulawesi), hisa, isa (Maluku).

Kandungan tanaman serai banyak mengandung : Minyak asiri, geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol, dan limonen.

KEGUNAAN SERAI UNTUK OBAT KESEHATAN :
  • Badan terasa pegal : Siapkanlah 600 g batang serai segar berikut akar. Rebus dengan air. Air rebusan digunakan untuk mandi. Mandilah saat air masih hangat.
  • Obat batuk : Siapkan 600 g serai segar dan keringkan. Setelah itu, rebuslah dengan air secukupnya. Minum air rebusan serai ini.
  • Nyeri atau ngilu : Tanaman serai sudah disuling untuk diambil minyak atsirinya. Minyak serai ini digosokkan pada bagian yang sakit. Selain itu, dapat juga batang serai segar direbus dengan sedikit air, lalu dicampur dengan air dan dioleskan pada sendi yang ngilu.
  • Khasiat lain (sakit kepala, nyeri lambung, diare) : Beberapa tetes minyak serai langsung diminum.
Sedangkan manfaat serai adalah sebagai bumbu masak dan juga sebagai bahan membuat sambal matah khas Bali sedangkan manfaat untuk kecantikan masih diteliti oleh para ahli tanaman obat.

KUE GORENG